51 Kelurahan Selenggarakan Musrenbangkel 2014

Sesuai Juknis Musrenbang 2014, tahapan Musrenbang Kota Surakarta telah dimulai sejak akhir tahun 2013 dimana Musyawarah Lingkungan (Musling) diselenggarakan di tingkat RT dan RW. Selain itu juga diselenggarakan Musyawarah Lembaga Kemasyarakatan (MLK) untuk menangkap usulan yang muncul dari Lembaga Kemasyarakatan di tingkat kelurahan seperti LPMK, PKK, Forum Anak, dan lembaga masyarakat lainnya.

Bappeda Selenggarakan Workshop TKPKD

Bappeda Kota menyelenggarakan Workshop Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) pada hari Kamis tanggal 12 Desember 2013. Workshop tersebut diadakan di Loji Gandrung Rumah Dinas Walikota Surakarta. Walikota dan Wakil Walikota turut menghadiri workshop tersebut.

Bappeda Selenggarakan Sosialisasi Juknis Musrenbang 2014

Dalam rangka persiapan Musrenbang tahun 2014, Bappeda Kota menyelenggarakan Sosialisasi Juknis Musrenbang 2014. Tahap pertama sosialisasi dilaksanakan pada Kamis (7/11) Kecamatan Banjarsari dan Jebres, dilanjutkan di Kecamatan Laweyan, Serengan, dan Pasarkliwon pada Jumat (8/11). Sosialiasi Juknis Musrenbang selanjutkan diadakan pada Senin (18/11) kepada beberapa LSM yang sering terlibat dengan kegiatan SKPD dan diakhiri dengan Sosialisasi Juknis Musrenbang kepada SKPD di lingkungan Pemerintah Kota Surakarta pada Kamis (21/11).

Workshop Dewan Riset Daerah (DRD)

Dewan Riset Daerah Kota Surakarta yang dibentuk sejak tahun 2009 dalam kiprahnya terus meningkat upaya dalam mendukung pembangunan kota melalui pengembangan berbagai kebijakan khusunya terkait dengan penelitian, pengembangan, dan pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat. Dewan Riset Daerah telah mengadakan "Workshop Pengembangan Industry Kreatif Berbasis Herbal" pada hari Rabu tanggal 4 Desember 2013 di Hotel Dana dengan maksud dan tujuan: (1) pemanfaatan potensi sumber daya alam khususnya tanaman herbal untuk kesehatan dan menumbuhkembangkan industry makanan/minuman herbal dan (2) mengemas tradisi jamu/herbal dalam kontek industry kreatif dan kepariwisataan.

TMMD Sengkuyung II 2013 di Kelurahan Jebres

TMMD Sengkuyung tahap II yang diadakan oleh Pemerintah Kota Surakarta dan TNI Kodim 0735/Surakarta serta dengan partisipasi dari masyarakat, dilaksanakan di Kampung Jebres Tengah Kelurahan Jebres (RW 23, 24, dan 25) pada tanggal 9 sampai 29 Oktober 2013. Sasaran utama dari TMMD Sengkuyung II ini adalah pavingisasi jalan dengan volume 1.875 dan betonisasi/cor rabat pengunci paving dengan volume 52.50.

PENGUMUMAN PEMENANG LOMBA KRENOVA 2013

Lomba Krenova yang diselenggarakan oleh Bappeda Kota Surakarta sejak pertengahan Juni 2013 diakhiri dengan penjurian pada Kamis, 17 Oktober 2013. Proses penjurian yang diawali dengan pemaparan terkait hasil kreasi-inovasi dan tanya jawab terhadap 28 peserta lomba diadakan di Solo Technopark, Jebres, Surakarta.

Sosialisai Pedum Pengembangan Forum Anak Dalam Perencanaan Pembangunan Di Kota Surakarta Tahun 2013

Bappeda Kota Surakarta bekerja sama dengan UNICEF, Perwakilan Jateng, Jatim, dan NTT dalam menyelenggarakan Sosialisasi Pedoman Umum Pengembangan Forum Anak dalam Perencanaan Pembangunan di Kota Surakarta yang telah dilegitimasi dengan Perwali nomor 3B Tahun 2013.

Review dan Replikasi Pedoman Umum Pengembangan Partisipasi Anak

Review dan Replikasi Pedoman Umum Pengembangan Partisipasi Anak dalam Perencanaan Pembangunan di Kota Surakarta diadakan oleh Bappeda dengan bekerjasama dengan UNICEF. Workshop ini dihadiri oleh 8 kabupaten dan 2 provinsi yang masing-masing unsur Bappeda dan BP3AKB atau SKPD yang membidangi tentang Perlindungan Anak, yaitu Kabupaten Pemalang, Brebes, Klaten, Situbondo, Bondowoso, Pasuruan, Pasuruan, Mataram, NTB, dan Jawa Timur.

Bintek Tugas Seksi Monev DPK Kota Surakarta Tahun 2013

Bappeda mengadakan Bintek Tugas Seksi Monev DPK Kota Surakarta Tahun 2013 dengan mengacu pada Perwali Nomor 3-A Tahun 2013 pada hari Senin, 7 Oktober 2013 di Gedung Pertemuan "Nikmat Rasa". Bintek ini dihadiri oleh Seksi Monitoring dan Evaluasi untuk Kegiatan (Dana Pembangunan Kelurahan) DPK Kota Surakarta Tahun 2013 dan Tim Asistensi Perencanaan Pembangunan Kota Surakarta Tahun 2013.

FGD Monev PUS Kota Surakarta Tahun 2013

Bappeda Kota Surakarta mengadakan diskusi kelompok terbatas (FGD) kegiatan monev Pendidikan Untuk Semua (PUS) dengan peserta seluruh pokja, yang terdiri atas koordinator, anggota, staf administrasi, dan pihak terkait dengan PUS.

Evaluasi Rencana Tindak Lanjut Sistem Perlindungan Anak Di Kota Surakarta

Bappeda mengadakan workshop Evaluasi RTL Sistem Perlindungan Anak dengan maksud untuk menemu kenali kesenjangan dan hambatan serta potensi yang ada pada SKPD pemangku Kepentingan Perlindungan Anak di Kota Surakarta sehingga arah dan kebijakan serta keberlanjutan program KHPIPIA ini bisa tersistem dengan baik yang pada akhirnya adalah untuk kepentingan pemenuhan hak anak dalam rangka menuju Kota Layak Anak.

Penyusunan Renstra Aksi Percepatan Pencapaian Surakarta Layak Anak Tahun 2015

Bappeda Kota Surakarta dengan dukungan UNICEF menyelenggarakan lokakarya penyusunan Rencana Strategis Aksi Percepatan Kota Layak Naka Kota Surakarta Tahun 2014-2015 di mana perencanaan program inovasi tetap harus disesuaikan dengan RPJMD Kota Surakarta dan Resntra SKPD terkait. Lokakarya ini diadakan pada hari Selasa sampai Kamis tanggal 17 sampai 19 Desember 2013 dan bertempat di Hotel Grand Tjokro Klaten.

LOMBA KRENOVA

Bappeda Kota Surakarta mengadakan Lomba Krenova 2013 yang diharapkan mampu menggugah kebangkitan karya karya orisinal, kreatif, dan inovatif masyarakat kota Surakarta. Lomba Krenova ini diarahkan pada peningkatan ekonomi masyarakat karena perkembangan suatu daerah tidak selalu ditentukan oleh kekayaan Sumber Daya Alamnya saja, tetapi juga kemampuan memberdayakan masyarakat untuk membangun diri dan lingkungannya

Monev Program KPAD Kota Surakarta Tahun 2013

Monev KPAD diadakan untuk mengawal dan memantau berjalannya Renstra KPAD melalui masing-masing Pokja. Dengan diadakannya monev diharapkan akan tersusun rekomendasi yang implementatif bagi seluruh anggota dan kesekretariatan KPAD.

TMMD Sengkuyung I 2013 Bangun Gorong-gorong dan Betonisasi di Kelurahan Sangkrah

Pemerintah Kota Surakarta, jajaran TNI, dan masyarakat melaksanakan program terpadu Tentara Manunggal Membangun Desa Sengkuyung Tahap I Tahun 2013 di Kelurahan Sangkrah wilayah Kecamatan Pasar Kliwon. Sasaran pokok dari kegiatan ini adalah nomalisasi gorong-gorong sepanjang 10 M x 2 x 1,5 M di RT XII dan RT XIII yang menghubungkan Kali Pepe dan betonisasi jalan sepanjang 350 M x 3 M x 10 CM. Kelurahan Sangkrah dipilih karena adanya usulan warga dan hasil survei.

Bappeda Gelar Kampanye Sekolah Ramah Anak

Minggu (14/4/2013), Bappeda Kota Surakarta menggelar Kampanye Sekolah Ramah Anak (SRA) di Solo Car Free Day (CFD). Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan kepada masyarakat tentang pentingnya perlindungan anak terutama di sekolah. Mengapa Sekolah Ramah Anak?

Musrenbang Kota Surakarta 2013

Bappeda Kota Surakarta menyelenggarakan Musrenbangkot sebagai tahapan akhir Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kota Surakarta Tahun 2013 pada Sabtu, 23 Maret 2013. Acara tersebut diselenggarakan di Gedung Research & Development Solo Technopark (Lantai II) Jl. K.H. Dewantara, Kentingan, Jebres, Surakarta sekaligus untuk memperkenalkan kepada masyarakat tentang keberadaan Solo Technopark itu sendiri.

Kunjungan Kabupaten Siak dan Kota Semarang

Kamis (27/12/2012), Bappeda Kota Surakarta menerima kunjungan dari Bappeda Kabupaten Siak dan Bappeda Kota Semarang. Kunjungan Bappeda Kabupaten Siak ke Surakarta dalam rangka sharing pelaksanaan penanggulangan kemiskinan di Kota Surakarta dan Tim Penanggulangan Kemiskinan Kota Surakarta. Sedangkan kunjungan Bappeda Kota Semarang ke Surakarta adalah dalam rangka sharing pencapaian MDG’s dan pelayanan publik Kota Surakarta.

Karya Bhakti di Kelurahan Banyuanyar Kecamatan Banjarsari Tahun 2013

Karya Bhakti tahun 2013 dilaksanakan di Kelurahan Banyuanyar, Kecamatan Banjarsari. Proyek Karya Bhakti yang digelar oleh Pemkot Surakarta dan Kodim 0735/Solo ini dimulai pada hari Kamis 7 Maret 2013 selama 21 hari. Kegiatan ini bermaksud untuk membantu Kelurahan Banyuanyar dalam memperbaiki sarana pendidikan/pavingisasi, pembuatan MCK dan saluran tipe S-1 bata merah di lokasi Pos PAUD dan pembuatan saluran drainase tipe S-1 batu belah sebagai pembuangan air limbah masyarakat.

TOT Sekolah Ramah Anak (SRA)

Bappeda Kota Surakarta dengan dukungan dari UNICEF menyelenggarakan serangkaian kegiatan terkait dengan penciptaan Sekolah Ramah Anak, termasuk TOT kepada guru dan siswa sebagai pelatih sebaya atau TOT sebaya. TOT ini diselenggarakan di Hotel Grand Wahid pada hari Kamis sampai Jumat tanggal 28 Februari-1 Maret 2013.

Kontak Kami

Alamat : Jl. Jend. Sudirman No. 2 Surakarta
Telp. : (0271) 642020 psw. 405; (0271) 655277
Fax : (0271) 655277
E-Mail :
bapeda_solo@yahoo.co.id
bappeda.surakarta@gmail.com

Visitors

  • Total Visitors: 55266
  • Unique Visitors: 6521
  • Your IP: 54.81.170.186