Pembentukan Tim Pelaksana Kesehatan Jiwa Masyarakat Kota Surakarta 2014

Dalam rangka upaya peningkatan kualitas hidup masyarakat dibidang kesehatan salah satu pendukung program adalah kesehatan jiwa masyarakat seperti diamanatkan pada Peraturan Gubernur Jawa Tengah no.47 Tahun 2006 tentang Sistem Kesehatan Provinsi Jawa Tengah. Pemerintah Kota Surakarta menindak lanjuti dengan pembentukan Tim Pelaksana Kesehatan Jiwa Masyarakat Kota Surakarta dengan SK WALIKOTA SURAKARTA nomor 441.3.05/91-A/1/2013.

Monitoring dan Evaluasi Komisi Penanggulangan AIDS Daerah (KPAD) Kota Surakarta Tahun 2014

Kegiatan monitoring evaluasi KPAD Tahun 2014 dilaksanakan dalam bentuk pelatihan bagi Warga Peduli AIDS atau WPA yang ada di tiap kelurahan se Kota Surakarta. Ini dilakukan sekaligus untuk memonitoring dan evaluasi kegiatan , peran dan fungsi serta kelembagaan WPA terkait dengan upaya penanggulangan HIV-AIDS di Kota Surakarta. Hal ini berdasarkan hasil monitoring evalulasi tahun-tahun sebelumnya bahwa angka kasus dan penderita HIV-AIDS di Kota Surakarta selalu meningkat.

Mewujudkan Lingkungan Sehat Melalui Karya Bhakti Daerah Kota Surakarta Tahun 2014

Kegiatan Karya Bhakti Kota Surakarta Tahun 2014 kembali diadakan dalam rangka mewujudkan lingkungan yang sehat dan bersih dengan mendasarkan kegiatan pada hasil rapat koordinasi persiapan Karya Bhakti Daerah Tahun 2014 tanggal 29 Nopember 2013 di ruang Bappeda Surakarta, peninjauan lapangan, dan rencana umum Karya Bhakti Daerah Kota Surakarta Tahun 2014. Karya Bhakti tahun 2014 dilaksanakan tanggal 18 Maret 2014 sampai 7 April 2014.

KHPPIA Pelatihan Penguatan Kapasitas Perencanaan Dalam Pembangunan Bagi Pengurus Forum Anak Se Kota Surakarta

Sebagai implementasi PERWALI no.3B tahun 2013 tentang Pedoman Umun Partisipasi Anak dalam Pembangunan di Kota Surakarta, BAPPEDA menyusun modul Pelatihan Partisipasi Anak dan sekaligus mengimplementasikan Modul tersebut dalam bentuk Pelatihan Penguatan Kapasitas Perencanaan bagi pengurus Forum anak se Kota Surakarta mulai forum anak kelurahan , forum anak kecamatan hingga forum anak Kota Surakarta. Pelatihan ini dilaksanakan tanggal 20-21 Maret 2014 di Sanggar Anak Merdeka – Bantaran Kali Jenes.

 

Pembentukan Komisi Daerah Lanjut Usia ( KOMDA LANSIA ) Tahun 2014

Penanganan lanjut usia yang intensif, menyeluruh dan terpadu serta terintegrasi dilakukan oleh Pemerintah Kota Surakarta melalui pembentukan Komisi Daerah Lanjut Usia (KOMDA LANSIA) Kota Surakarta. Pembentukan ini dikukuhkan dengan Keputusan Walikota Surakarta nomor 050.13/11-M/1/2014 tanggal 30 Januari 2014 tentang Pembentukan Komisi Daerah Lanjut Usia Kota Surakarta Periode 2014-2017. Kepengurusan KOMDA LANSIA Kota Surakarta diketuai oleh Wakil Walikota Surakarta dan sebagai penasehat adalah Walikota Surakarta .

51 Kelurahan Selenggarakan Musrenbangkel 2014

Sesuai Juknis Musrenbang 2014, tahapan Musrenbang Kota Surakarta telah dimulai sejak akhir tahun 2013 dimana Musyawarah Lingkungan (Musling) diselenggarakan di tingkat RT dan RW. Selain itu juga diselenggarakan Musyawarah Lembaga Kemasyarakatan (MLK) untuk menangkap usulan yang muncul dari Lembaga Kemasyarakatan di tingkat kelurahan seperti LPMK, PKK, Forum Anak, dan lembaga masyarakat lainnya.

Bappeda Selenggarakan Workshop TKPKD

Bappeda Kota menyelenggarakan Workshop Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) pada hari Kamis tanggal 12 Desember 2013. Workshop tersebut diadakan di Loji Gandrung Rumah Dinas Walikota Surakarta. Walikota dan Wakil Walikota turut menghadiri workshop tersebut.

Bappeda Selenggarakan Sosialisasi Juknis Musrenbang 2014

Dalam rangka persiapan Musrenbang tahun 2014, Bappeda Kota menyelenggarakan Sosialisasi Juknis Musrenbang 2014. Tahap pertama sosialisasi dilaksanakan pada Kamis (7/11) Kecamatan Banjarsari dan Jebres, dilanjutkan di Kecamatan Laweyan, Serengan, dan Pasarkliwon pada Jumat (8/11). Sosialiasi Juknis Musrenbang selanjutkan diadakan pada Senin (18/11) kepada beberapa LSM yang sering terlibat dengan kegiatan SKPD dan diakhiri dengan Sosialisasi Juknis Musrenbang kepada SKPD di lingkungan Pemerintah Kota Surakarta pada Kamis (21/11).

Workshop Dewan Riset Daerah (DRD)

Dewan Riset Daerah Kota Surakarta yang dibentuk sejak tahun 2009 dalam kiprahnya terus meningkat upaya dalam mendukung pembangunan kota melalui pengembangan berbagai kebijakan khusunya terkait dengan penelitian, pengembangan, dan pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat. Dewan Riset Daerah telah mengadakan "Workshop Pengembangan Industry Kreatif Berbasis Herbal" pada hari Rabu tanggal 4 Desember 2013 di Hotel Dana dengan maksud dan tujuan: (1) pemanfaatan potensi sumber daya alam khususnya tanaman herbal untuk kesehatan dan menumbuhkembangkan industry makanan/minuman herbal dan (2) mengemas tradisi jamu/herbal dalam kontek industry kreatif dan kepariwisataan.

Review dan Replikasi Pedoman Umum Pengembangan Partisipasi Anak

Review dan Replikasi Pedoman Umum Pengembangan Partisipasi Anak dalam Perencanaan Pembangunan di Kota Surakarta diadakan oleh Bappeda dengan bekerjasama dengan UNICEF. Workshop ini dihadiri oleh 8 kabupaten dan 2 provinsi yang masing-masing unsur Bappeda dan BP3AKB atau SKPD yang membidangi tentang Perlindungan Anak, yaitu Kabupaten Pemalang, Brebes, Klaten, Situbondo, Bondowoso, Pasuruan, Pasuruan, Mataram, NTB, dan Jawa Timur.

Penyusunan Renstra Aksi Percepatan Pencapaian Surakarta Layak Anak Tahun 2015

Bappeda Kota Surakarta dengan dukungan UNICEF menyelenggarakan lokakarya penyusunan Rencana Strategis Aksi Percepatan Kota Layak Naka Kota Surakarta Tahun 2014-2015 di mana perencanaan program inovasi tetap harus disesuaikan dengan RPJMD Kota Surakarta dan Resntra SKPD terkait. Lokakarya ini diadakan pada hari Selasa sampai Kamis tanggal 17 sampai 19 Desember 2013 dan bertempat di Hotel Grand Tjokro Klaten.

Evaluasi Rencana Tindak Lanjut Sistem Perlindungan Anak Di Kota Surakarta

Bappeda mengadakan workshop Evaluasi RTL Sistem Perlindungan Anak dengan maksud untuk menemu kenali kesenjangan dan hambatan serta potensi yang ada pada SKPD pemangku Kepentingan Perlindungan Anak di Kota Surakarta sehingga arah dan kebijakan serta keberlanjutan program KHPIPIA ini bisa tersistem dengan baik yang pada akhirnya adalah untuk kepentingan pemenuhan hak anak dalam rangka menuju Kota Layak Anak.

FGD Monev PUS Kota Surakarta Tahun 2013

Bappeda Kota Surakarta mengadakan diskusi kelompok terbatas (FGD) kegiatan monev Pendidikan Untuk Semua (PUS) dengan peserta seluruh pokja, yang terdiri atas koordinator, anggota, staf administrasi, dan pihak terkait dengan PUS.

Kunjungan Kabupaten Siak dan Kota Semarang

Kamis (27/12/2012), Bappeda Kota Surakarta menerima kunjungan dari Bappeda Kabupaten Siak dan Bappeda Kota Semarang. Kunjungan Bappeda Kabupaten Siak ke Surakarta dalam rangka sharing pelaksanaan penanggulangan kemiskinan di Kota Surakarta dan Tim Penanggulangan Kemiskinan Kota Surakarta. Sedangkan kunjungan Bappeda Kota Semarang ke Surakarta adalah dalam rangka sharing pencapaian MDG’s dan pelayanan publik Kota Surakarta.

TMMD Sengkuyung II Fokus Pada Sarana Infrastruktur

Program TNI Manunggal membangun desa tahap ke-2 yang dilaksanakan selama 21 hari, dari tanggal 10 Oktober 2012 s.d. 31 Oktober 2012 di Kelurahan Mojosongo Kecamatan Jebres Kota Surakarta ini akan difokuskan pada pembenahan fasilitas infrastruktur baik jalan, maupun saluran sanitasi.

Bappeda Kota Surakarta Tingkatkan Capacity Building SDM

Bappeda Kota Surakarta berupaya meningkatkan capacity building Sumber Daya Manusia di bidang Perencanaan melalui Bintek Penyusunan Renja SKPD mengacu pada Permendagri 54 Tahun 2010. Kegiatan ini dilaksanakan bekerjasama dengan Universitas Sebelas Maret (UNS) pada hari Selasa-Rabu tanggal 1-2 Mei 2012 di Hotel Indah Palace yang dihadiri oleh Pejabat struktural dan staf pengampu perencanaan di masing-masing SKPD.

RPJMD 2010-2015

RPJM Daerah adalah dokumen perencanaan Pemerintah Daerah untuk periode 5 (lima) tahun yang memuat penjabaran dari Visi, Misi, dan Program dari Kepala Daerah terpilih. Dalam penyusunan RPJM Daerah berpedoman pada RPJP Daerah dan memperhatikan RPJM Nasional, yang di dalamnya memuat Arah Kebijakan Keuangan Daerah, Strategi Pembangunan Daerah, Kebijakan Umum, dan Program Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Program Lintas SKPD, dan Program Kewilayahan disertai dengan Rencana-rencana Kerja dalam Kerangka Regulasi dan Kerangka Pendanaan yang bersifat indikatif.

Dalam RPJM Daerah juga ditekankan arti pentingnya upaya dalam menerjemahkan visi, misi dan agenda Kepala Daerah terpilih ke dalam tujuan, sasaran, strategi dan kebijakan pembangunan yang mampu merespon kebutuhan dan aspirasi masyarakat serta kesepakatan tentang tolok ukur kinerja untuk mengukur keberhasilan maupun ketidakberhasilan pembangunan daerah selama 5 (lima) tahun ke depan.

Penyusunan dokumen RPJM Daerah Kota Surakarta Tahun 2010-2015 diharapkan dapat dijadikan sebagai alat pemandu, pengarah dan pedoman dalam pelaksanaan program-program pembangunan daerah selama kurun waktu 5 (lima) tahun ke depan, sekaligus juga dijadikan dasar dalam pertanggungjawaban atas pelaksanaan hasil-hasil pembangunan kepada masyarakat pada setiap akhir tahun anggaran maupun pada saat akhir masa jabatan.

AttachmentSize
1_RPJMD_2010-2015.rar1.66 MB
2_RPJMD_2010-2015.rar538.53 KB
3_Lampiran_RPJMD_2010-2015.rar1.15 MB

Kontak Kami

Alamat : Jl. Jend. Sudirman No. 2 Surakarta
Telp. : (0271) 642020 psw. 405; (0271) 655277
Fax : (0271) 655277
E-Mail :
bapeda_solo@yahoo.co.id
bappeda.surakarta@gmail.com